Tujuan Pernikahan
Materi Pelajaran, Pendidikan Agama Islam

Tujuan Pernikahan

Tujuan Pernikahan – Kelas 11, PAI, BAB 9, Ketentuan Pernikahan dalam Islam.


Tujuan Pernikahan

Seseorang harus memiliki tujuan yang baik ketika akan melakukan pernikahan. Karena tujuan inilah yang akan memengaruhi kehidupan setelah menikah. Tujuan menikah yang baik ialah sebagai berikut:

1. Untuk memperoleh kebahagiaan dan ketenangan hidup (sakinah).

Ketenteraman dan kebahagiaan adalah idaman setiap orang. Menikah merupakan salah satu cara supaya hidup menjadi bahagia dan tenteram.

2. Untuk membina rasa cinta dan kasih sayang.

Menikah merupakan salah satu cara untuk membina kasih sayang antara suami, istri dan anak.

3. Untuk memenuhi kebutuhan biologis yang sah dan diridhai Allah Swt.

4. Melaksanakan perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya.

Sebagaimana sabda beliau dalam Kitab Shahih Muslim Nomor 1401 disebutkan:

عَنْ أَنَسٍ أَنْ نَفَرًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَعْضُهُمْ لَا أَتَزَوَّجُ وَقَالَ بَعْضُهُمْ أُصَلِّي وَلَا أَنَامُ وَقَالَ بَعْضُهُمْ أَصُومُ وَلَا أُفْطِرُ فَبَلَغَ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا بَالُ أَقْوَامٍ قَالُوْا كَذَا وَكَذَا لَكِنِّي أَصُوْمُ وَأَفْطِرُ وَأُصَلِّي وَأَنَامُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِيْ فَلَيْسَ مِنِّيْ (رواه مسلم)

Artinya:

Dari Anas bin Malik, ada beberapa sahabat Rasulullah saw berkata; saya tidak akan menikah, sebagian lagi berkata; saya akan selalu shalat dan tidak tidur, sebagian lagi berkata; saya akan terus berpuasa dan tidak berbuka. Berita ini sampai kepada Nabi saw, hingga (Beliau saw) bersabda, “Apa alasannya ada yang berkata begini-begitu? Padahal saya berpuasa dan berbuka, aku shalat dan tidur, dan aku juga menikahi perempuan, dan barangsiapa yang membenci sunnahku maka ia tidak termasuk golonganku.” (H.R. Muslim)

5. Untuk memperoleh keturunan yang sah.

Melalui pernikahan, pasangan suami istri akan mendapatkan keturunan yang mendapatkan ridha Allah Swt. dan pengakuan dari negara.

Menikah bukan hanya untuk bersenang-senang semata, tapi benar-benar bertanggung jawab kepada Allah Swt. Karenanya, jauhkan diri kalian dari pergaulan bebas dan fokus belajar dan belajar.


Itulah materi tentang Tujuan Pernikahan. Semoga materi ini dapat membantu Anda dalam belajar, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *